Bodaskarangjati Dikepung Bencana Alam, dari Banjir Hingga Pohon Tumbang

Bodaskarangjati Dikepung Bencana Alam, dari Banjir Hingga Pohon Tumbang
Pohon tumbang menimpa rumah warga di lingkungan RT 03/RW 02 Desa Bodaskarangjati Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga (FOTO: Muhajid Kades Bodaskarangjati for Warta Sekolah)

PURBALINGGA - Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, beberapa pohon besar tumbang di lingkungan RT 03/RW 02 Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang. Selain itu terjadi longsor talud dan badan Jalan Desa Ruas Dusun 2 RT 01/RW 02 kemudian banjir sungai di Jalan Bulu Payung arah Tempursari Desa Bodaskarangjati yang merupakan jalan tembus ke Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jumat (22/10/2021).

Kepala Desa Bodaskarangjati Muhajid saat dikonfirmasi menjelaskan, 5 pohon albasia besar di desanya tumbang karena hujan besar disertai angin kencang yang terjadi beberapa waktu ini. Salah satu pohonnya menimpa satu rumah warga milik Beti Susanti (28) di RT 03/RW 02 desa tersebut. Tumbangnya pohon tersebut juga menyebabkan aliran listrik padam. Pasalnya sejumlah batang pohon menimpa kabel listrik, Sabtu (23/10/2021).

“Tidak ada korban jiwa dan telah dilakukan evakuasi hingga dua hari ini. Jumlah kerugian material sekitar Rp 15 juta. Untuk sementara keluarga Beti tinggal di rumah orang tuanya di Dusun Tempursari, ” kata Muhajid menjelaskan.

Muhajid menambahkan Longsor talud dan badan Jalan Desa Ruas Dusun 2 mulai terjadi pada hari Jumat sepanjang 10 meter, ambles tinggi 75 cm dan banyak rekahan pada badan jalan. Kemudian banjir sungai di Jalan Bulu Payung Tempursari desanya menuju Desa Sumampir naik hingga ke jembatan dan jalan.

“Banjir menyebabkan air bersih terganggu untuk konsumsi masyarakat khususnya di Jalan Bulu Payung Dusun 1 Tempursari, ” katanya.

Sementara Sertu Dwi Stiyanto Babinsa Koramil 13/Rembang Kodim 0702/Purbalingga untuk wilayah Bodaskarangjati saat dikonfirmasi mengatakan adanya beberapa titik bencana alam tersebut akibat hujan deras mengakibatkan debit air di Sungai Tempursari meningkat akibatnya air meluap dan banjir, hingga adanya longsor talud maupun pohon tumbang masih di wilayah Desa Bodaskarangjati.

“Kerja bhakti evakuasi di tiga titik bencana selama dua hari oleh TNI, Polri, pemerintah desa dan masyarakat setempat, ” ungkapnya menjelasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati, waspada dan proaktif melaporkan setiap ada bencana supaya cepat mendapat penanganan oleh instansi terkait.

“Kepada masyarakat Bodaskarangjati khususnya untuk tetap waspada, terutama saat ini masih sering hujan lebat dan terus-menerus, ” pungkasnya mengakhiri.(RP)

Purbalingga Jawa Tengah
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Jalan Kramat-Sirau Putus, Akibat Longsor

Next Article

Kodim Purbalingga Gelar Gladhen Jemparingan,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Herman Djide.B

Agung Libas

Agung Libas

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Apr 8, 2021

Lukman

Lukman

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Jan 12, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Mar 5, 2021

Yudi hutriwinata

Yudi hutriwinata

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Aug 3, 2021

Profle

Herman Djide.B

Wisata Taman Sekolah, Kepsek SDN 35 Leange Akan Buat Kolam Ikan
Terima Baju Seragam Gratis, Orang Tua Siswa SMPN 3 Labakkang Sambut Gembira
Bagikan Baju Seragam Siswa, Kepsek SDN Padangtangalau: Baju Seragam Gratis ini dari Bupati Pangkep
Siswa Terima Baju Gratis Sekolah, Kepsek SDN 18 Leppangeng: Ini Kepedulian Bupati Pangkep

Follow Us

Recommended Posts

Ketua BNSP Serahkan Langsung Sertifikat Lisensi LSP SDM TIK
Refleksi Akhir Tahun 2021, Ketua MA: Bersinergi untuk Membangun Kepercayaan Publik
Indonesia Satu untuk Satu Indonesia
LSP SDM TIK Peroleh Sertifikat Lisensi dari BNSP
ISPE 2022: Ajang Pertemukan Stakeholder Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan UMKM