Wujudkan Rumah Layak Huni bagi Penyandang Disabilitas

Wujudkan Rumah Layak Huni bagi Penyandang Disabilitas
Rumah layak huni bagi Kampleng penyandang Disabilitas warga RT 02/RW 05 Dusun Pentul Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (FOTO: Nasirudin Latif, S.Hut for Warta Sekolah)

PURBALINGGA - Kampleng (42) warga RT 02/RW 05 Dusun Pentul Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah merupakan penyandang disabilitas yang kesehariannya sering dibantu oleh tetangganya dan juga merawat Kiptiah kakak kandung perempuannya, yang mengalami sakit stroke. Ia menempati gubuk yang tidak layak huni dan terancam bahaya tanah longsor karena di Dusun Pentul Desa Gunungwuled memang rawan bencana tanah longsor.

Melihat kondisi demikian menurut Nasirudin Latif, S.Hut Kepala Desa setempat, beliau bersama perangkat desa dan warganya berinisiatif untuk membangun rumah layak huni bagi Kampleng serta mengupload kondisinya melalui media sosial dan mendapat dukungan dari PMI dan Bazda Purbalingga.

“Perangkat Desa didukung PMI dan Bazda, hingga terkumpul uang Rp 58 juta untuk membangun rumah Kampleng yang lebih layak.  Untuk seisi perabotan rumah, dibantu dari Bank Artha Perwira dan BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga, ” kata Latif Minggu, (3/10/2021).

“Pembangunan selama sebulan sejak tanggal 29 Agustus dan berhasil menyelesaikan bangunan 30 September 2021 berukuran 5 x 10 meter di tanah milik pemerintah desa, ” lanjut Latif menjelaskan.

Latif menyampaikan , meski Kampleng penyandang disabilitas tidak sempurna secara fisik, namun ia memiliki semangat juang untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesehariannya Kampleng bekerja dibidang pertukangan membuat perabotan rumah tangga dan kerajinan tangan lainnya.

“Kampleng bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup, dibidang pertukangan dan membuat kerajinan dari kayu seperti keris, miniatur alat pertanian dan mainan kayu lainnya, ” ungkap Latif.

Di tempat yang sama Kampleng menyampaikan terima kasih kepada perangkat desa, PMI, Bazda dan semua pihak yang telah membantu mewujudkan impiannya memiliki rumah baru yang sekarang sudah bisa ditempati.

“Alhamdulillah saya sangat senang bersyukur mendapat bantuan rumah, terima kasih banyak kepada Pak Kades dan semuanya atas bantuan ini, ” kata Kampleng senang.

Sementara Serka Eko Arahman Babinsa Koramil 13/Rembang untuk wilayah Gunungwuled saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak atas terwujudnya rumah layak huni bagi Kampleng warga Dusun Pentul Desa Gunungwuled.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bahu membahu membantu mewujudkan rumah Kampleng, ” ungkap Serka Eko. (RP)

Jawa Tengah Purbalingga
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Serbuan Vaksinasi Kodim Purbalingga Sasar...

Next Article

Jelang HUT TNI, Dandim Purbalingga Pimpin...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update

Sigit Priyono Azeta

Sigit Priyono Azeta

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 13, 2020

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 17, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 18, 2020

Megy Aidillova

Megy Aidillova

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 30, 2020

Follow Us

Recommended Posts

Penanaman 1000 Pohon di Bukit Sendaren Purbalingga
283 Siswa dan Karyawan Ikuti Serbuan Vaksinasi Kodim Purbalingga
Kodim Purbalingga Gelar  Gladhen Jemparingan, untuk Lestarikan Budaya
Bodaskarangjati Dikepung Bencana Alam, dari Banjir Hingga Pohon Tumbang
Jalan Kramat-Sirau Putus, Akibat Longsor